Berikut Yang Bukan Termasuk External Storage Adalah

0
40
berikut yang bukan termasuk external storage adalah
berikut yang bukan termasuk external storage adalah

Banyak orang mungkin sudah mengenal external storage sebagai media penyimpanan data yang praktis dan mudah dibawa-bawa. Namun, masih banyak yang belum tahu bahwa ada beberapa jenis media penyimpanan data yang sebenarnya tidak termasuk dalam kategori external storage. Apa saja ya?

CD dan DVD memang bisa digunakan untuk menyimpan data, namun keduanya sebenarnya bukan termasuk dalam kategori external storage. Hal ini dikarenakan kedua media ini hanya bisa digunakan untuk membaca atau menulis data sekali saja. Artinya, setelah data disimpan ke dalam CD atau DVD, maka tidak bisa lagi menambah atau mengubah data tersebut. Selain itu, CD dan DVD juga mudah tergores atau rusak, sehingga data yang disimpan di dalamnya bisa hilang dengan mudah.

RAM (Random Access Memory) adalah jenis media penyimpanan data sementara yang digunakan oleh komputer untuk menjalankan program atau aplikasi. RAM bukan termasuk dalam kategori external storage karena data yang disimpan di dalamnya hanya sementara dan akan hilang ketika komputer dimatikan. Selain itu, kapasitas RAM juga terbatas dan hanya bisa digunakan oleh satu komputer saja.

SSD (Solid State Drive) dan HDD (Hard Disk Drive) internal memang bisa digunakan untuk menyimpan data, namun keduanya bukan termasuk dalam kategori external storage karena terpasang di dalam komputer atau laptop. Artinya, media penyimpanan data ini tidak bisa dipindahkan ke perangkat lain dengan mudah seperti halnya external storage. Meskipun begitu, SSD dan HDD internal memiliki kapasitas yang lebih besar daripada external storage dan lebih cepat dalam membaca dan menulis data.

Cloud storage adalah jenis media penyimpanan data yang menggunakan jaringan internet untuk menyimpan data. Meskipun bisa diakses dari mana saja dan kapan saja, cloud storage bukan termasuk dalam kategori external storage karena tidak bisa dibawa-bawa seperti halnya external storage. Selain itu, penggunaan cloud storage memerlukan koneksi internet yang stabil dan cukup cepat.

Flashdisk memang termasuk dalam kategori external storage, namun flashdisk dengan kapasitas kurang dari 4GB sebenarnya kurang praktis untuk digunakan sebagai media penyimpanan data. Hal ini dikarenakan kapasitasnya yang terbatas dan tidak bisa digunakan untuk menyimpan file-file yang besar. Selain itu, harga flashdisk dengan kapasitas kecil dan besar tidak terlalu jauh berbeda, sehingga lebih baik memilih flashdisk dengan kapasitas yang lebih besar.

Yang sering ditanyakan

1. Apa itu external storage?

External storage adalah jenis media penyimpanan data yang terpisah dari komputer atau laptop dan bisa dipindahkan ke perangkat lain dengan mudah.

2. Apa saja yang termasuk dalam kategori external storage?

Flashdisk, hard disk eksternal, dan SSD portabel termasuk dalam kategori external storage.

3. Apa kelebihan external storage?

Kelebihan external storage adalah praktis dan mudah dibawa-bawa, kapasitasnya bisa besar, dan bisa digunakan di banyak perangkat.

4. Apakah CD dan DVD bisa digunakan sebagai external storage?

Tidak, karena CD dan DVD hanya bisa digunakan untuk membaca atau menulis data sekali saja.

5. Apa perbedaan antara SSD dan HDD internal dengan external storage?

SSD dan HDD internal terpasang di dalam komputer atau laptop, sedangkan external storage bisa dipindahkan ke perangkat lain dengan mudah.

6. Apakah cloud storage termasuk dalam kategori external storage?

Tidak, karena cloud storage tidak bisa dipindahkan ke perangkat lain dengan mudah seperti halnya external storage.

7. Apakah flashdisk dengan kapasitas kecil lebih murah daripada yang besar?

Tidak, harga flashdisk dengan kapasitas kecil dan besar tidak terlalu jauh berbeda.

8. Apa yang harus diperhatikan saat memilih external storage?

Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain kapasitas, kecepatan transfer data, dan keamanan data.

Pros

External storage memiliki beberapa kelebihan, seperti praktis dan mudah dibawa-bawa, kapasitasnya bisa besar, dan bisa digunakan di banyak perangkat.

Tips

Untuk memilih external storage yang tepat, perhatikan kapasitas, kecepatan transfer data, dan keamanan data. Selain itu, pilih merek yang terpercaya dan memiliki garansi yang baik.

Kesimpulan dari berikut yang bukan termasuk external storage adalah

External storage adalah jenis media penyimpanan data yang praktis dan mudah dibawa-bawa. Namun, CD/DVD, RAM, SSD/HDD internal, cloud storage, dan flashdisk dengan kapasitas kurang dari 4GB bukan termasuk dalam kategori external storage. Sebelum memilih external storage, pastikan untuk memperhatikan kapasitas, kecepatan transfer data, dan keamanan data. Pilihlah merek yang terpercaya dan memiliki garansi yang baik untuk menghindari kerugian di kemudian hari.