Driver Epson L200 Full Version Gratis Indonesia

0
78
driver_epson_l200

Siapa yang tidak kenal Epson, corporate asal jepang tersebut terkenal dengan beraneka ragam produksi barang elektroniknya yang high quality. Diantara produk unggulannya yaitu printer Epson L200. Printer seri ini termasuk all in one printer yang bisa mencetak, scan dan copy.

Nah, agar printer bisa berfungsi secara optimal, maka perlu adanya driver printer yang berguna untuk penghubung ke perangkat lain.

Epson L200 dibandrol dikisaran harga yang cukup murah, masih wort it dengan mutu dan kualitas yang akan anda dapat apabila membeli printer ini.

Epson seri ini sudah banyak yang mengandalkan untuk mencetak dokumen ataupun kebutuhan lainnya. Tak ada lagi yang namanya sampai ketumpahan tinta, sebab printer ini memiliki desain yang benar-benar memperhatikan kebutuhan konsumen.

Posisi tinta yang berada di luar itu oleh Epson diberi nama EcoTank. Soal kinerjanya tidak usah Kamu ragukan, 1 set botol tinta epson L200 dapat mengeprint dokumen berwarna sebanyak 6.500 halaman dengan kecepatan 15.0 satuan Image Per Minute (IPM). Sedangkan untuk dokumen hitam putih kecepatannya 27.0 satuan IPM dengan jumlah 4000 halaman.

Sayangnya, desain yang simpel nan ringan, kinerja yang bagus, dengan harga ekonomis itu harus tersambung dengan komputer maupun notebook saat proses mengeprint. Di sinilah driver mengambil perannya, beginilah cara menginstall printer Epson L200 tanpa CD menggunakan driver originalnya.

Download Driver Printer Epson L200 Full Version

Silahkan tentukan driver printer Epson L200 64 bit Windows terupdate atau versi sebelumnya. Driver printer adalah perangkat lunak yang dirilis brand printer itu agar komputer/laptop bisa terhubung dengan peripheral.

Berikut tata cara dan langkah untuk menginstall driver printer Epson jenis L200.

1. Cara Melihat Driver Printer yang Sudah Terpasang

Memeriksa driver yang sudah tersintall ialah tindakan opsional. Tidak wajib dilakukan, akan tetapi tetap lebih baik Anda lakukan. Apa lagi andaikata di saat sebelumnya sudah pernah memasang driver untuk jenis printer yang sama.

Pada keyboard tekan Windows + S > ketik Device Manager > Print Queues. Jika ada file corrupt, rusak, atau penginstalan belum tuntas maka ada tanda seru berwarna kuning pada bagian peripheral printer. Opsi lain adalah dengan memeriksanya via Control Panel.

Seumpama driver yang rusak tersebut ialah driver Epson L200, uninstall terlebih dahulu sebelum memproses pemasangan baru. Langkahnya: klik kanan pada driver printer yang terdapat tanda seru kuning > pilih uninstall device.

2. Unduh Driver Printer Epson L200

Selain untuk Windows dengan tipe 64 bit, terdapat pilihan driver Epson L200 32 bit. Unduh sesuai dengan basis OS Windows Anda. Untuk mengatahui apakah menggunakan 64 atau 32 bit, langkahnya: klik kanan My Computer (This PC) > Properties.

Download driver Epson model L200 32 dan 64 bit full version pada link ini:

Download Driver Printer 64-bit (20.3 MB)

Download Driver Scanner 32/64 bit (19.49 MB)

Tunggu proses download hingga beres, file biasanya berbentuk ZIP/RAR/EXE. Dengan menggunakan driver resmi Epson tersebut, Kamu tidak butuh CD Rom maupun DVD RW untuk proses penginstallan.

Semisal link download bermasalah, beritahukan kami lewat komentar pada postingan ini ya. Secepat mungkin akan kami perbaiki linknya.

3. Nyalakan Printer

Pastikan printer Epson L200 optimal serta sudah berada dalam keadaan standby, artinya tidak satupun proses yang sedang berjalan. Driver sangat penting untuk Windows, terutama pada Windows 8, Windows 10, dan Windows 11 terbaru.

4. Hubungkan USB 2.0 ke Komputer/Laptop

Epson model L200 masih memakai kabel 2.0, tidak tersedia wireless bluetooth ataupun WiFi. Tentu sesuai dengan harga yang terjangkau dengan performa bagus, hal itu tentunya bukan menjadi soal. Koneksikan antara peripheral printer dengan komputer/laptop melalui kabel USB tersebut.

5. Install

Step terakhir ialah proses penginstallan, buka kembali folder unduhan lokasi menyimpan driver yang sudah Kamu unduh. Klik kanan file > Extract Here maka file instalasi akan muncul di folder itu.

a) Klik kanan > Run as administrator atau langsung double klik saja file itu.

b) Langkah ini bisa dipilih bisa tidak, centang pilihan Set as default printer semisal Epson L200 merupakan printer utama Kamu. Selanjutnya Kamu bisa mencentang juga bagian Automatically update software jika ingin secara otomatis mengupdate driver kalau ada versi baru.

c) Selanjutnya pilihan language, pilih bahasa yang Kamu gunakan, kalau ada klik pada Bahasa Indonesia. Tapi jika tidak ada, pilih saja English United State.

d) Kemudian akan muncul halaman kebijakan privasi Epson Eula, checklist dialog box lalu klik agree. Andaikata Kamu memiliki waktu yang cukup, silahkan membaca satu per satu halaman tersebut.

e) Biarkan proses pemasangan driver berjalan sampai selesai. Ini merupakan tahap yang penting, sehingga pastikan semua perangkat (printer dan komputer) dalam kondisi yang prima.

Andaikata ada task berat yang memakan lebih banyak kinerja prosesor atau penyimpanan, sebaiknya tutup task tersebut lebih dulu. Fokuskan pada proses instalasi driver agar tidak menyebabkan file corrupt atau bermasalah.

Mengecek Apakah Driver Printer Epson L200 Sudah Terpasang

Setelah langkah instal selesai, pilih OK. Pada langkah ini jika tidak ada notifikasi peringatan apa-apa, itu sebenarnya driver sudah terinstall. Kamu dapat melakukan restart komputer/laptop sehingga driver bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Restart komputer atau laptop tersebut termasuk tahap opsional, sebab beberapa jenis perangkat memerlukan booting ulang sehingga driver yang baru terpasang dapat mulai berfungsi. Untuk diketahui, pemasangan driver tidak sama dengan install aplikasi, walaupun opsional lebih tepat tetap Kamu jalankan.

Nah, sebelum memulai menggunakan printer, cek apakah instalasi benar-benar berhasil dengan salah satu cara berikut setelah restart.

1. Melalui Device Manager

Windows + S > ketik Device Manager, apabila tanda seru warna kuning sudah menghilang, itu artinya driver printer Epson L200 sudah terinstall.

2. Melalui Control Panel

Windows + S > ketik Control Panel > Devices and Printers, apabila printer Epson L200 telah muncul pada bagian ini, itu artinya driver sudah terinstall.

Mengapa Printer Epson Tidak Terdeteksi Meski Driver Sudah Diinstall?

Pada sebagian kasus, terdapat alasan khusus mengapa sebuah printer tidak berjalan padahal sudah diintall driver printer. Penyebabnya antara lain: driver tak sesuai dengan seri printer, file driver lama corrupt atau rusak, driver memerlukan update, ada lebih dari 1 driver dengan tipe sama, atau masalah di OS komputer atau laptop.

Bila driver tak cocok dengan printer atau file rusak, Anda boleh melakukan penghapusan pada driver lama kemudian menginstall menggunakan file yang sudah Kamu unduh di link unduhan di atas. Namun jika driver perlu update, Kamu bisa melakukan update langsung lewat Device Manager atau melakukan pemasangan ulang pada pilihan Browse.

Akan tetapi semisal masalahnya bersumber dari OS Windows, saya menganjurkan harus install ulang OS. Perangkat PC atau laptop harus dalam keadaan sehat, demikian juga printernya. Seumpama salah satu mengalami masalah, akan berakibat printer tidak bisa berkomunikasi ke komputer sehingga tidak bisa menjalankan tugasnya.

Selanjutnya, jika semuanya sudah beres, Kamu boleh menguji printer dengan melakukan tes print. Download driver printer Epson L200 sesuai dengan tipe sistem operasi Windows Anda, ya.