Panduan Lengkap Perbedaan Noken As Tiger Lama dan Revo


Panduan Lengkap Perbedaan Noken As Tiger Lama dan Revo

Perbedaan Noken As Tiger Lama dan Tiger Revo dalam dunia otomotif, khususnya bagi pengguna sepeda motor, merupakan aspek yang penting untuk diketahui. Noken as adalah komponen pada mesin yang berfungsi untuk mengatur waktu buka dan tutup katup mesin.

Perbedaan noken as antara motor Tiger lama dan Tiger Revo dapat mempengaruhi performa dan karakter mesin. Tiger lama umumnya menggunakan noken as dengan durasi dan lift yang lebih kecil, sehingga menghasilkan tenaga yang lebih lembut dan cocok untuk penggunaan harian. Di sisi lain, Tiger Revo umumnya menggunakan noken as dengan durasi dan lift yang lebih besar, sehingga menghasilkan tenaga yang lebih agresif dan cocok untuk penggunaan balap.

Dengan mengetahui perbedaan noken as ini, pengguna dapat memilih noken as yang paling sesuai dengan kebutuhan dan karakter berkendara mereka. Ketahui lebih lanjut tentang perbedaan teknis dan dampaknya pada performa mesin Tiger dalam artikel ini.

Perbedaan Noken As Tiger Lama dan Tiger Revo

Perbedaan noken as antara motor Tiger lama dan Tiger Revo meliputi beberapa aspek penting yang perlu diketahui oleh pengguna:

  • Durasi
  • Lift
  • Profil
  • Material
  • Bobot
  • Performa
  • Karakter mesin
  • Konsumsi bahan bakar
  • Harga

Perbedaan-perbedaan ini dapat mempengaruhi performa mesin secara keseluruhan, sehingga penting untuk memilih noken as yang paling sesuai dengan kebutuhan dan karakter berkendara. Misalnya, noken as dengan durasi dan lift yang lebih besar dapat meningkatkan tenaga mesin, namun dapat juga meningkatkan konsumsi bahan bakar. Sebaliknya, noken as dengan durasi dan lift yang lebih kecil dapat menghasilkan tenaga mesin yang lebih lembut dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Durasi

Durasi noken as merupakan salah satu aspek penting yang membedakan noken as Tiger lama dan Tiger Revo. Durasi mengacu pada waktu (dalam derajat rotasi poros engkol) di mana katup masuk dan katup buang terbuka. Durasi yang lebih panjang memungkinkan katup terbuka lebih lama, sehingga lebih banyak campuran udara-bahan bakar yang masuk ke dalam silinder dan lebih banyak gas buang yang keluar.

Dalam perbedaan noken as Tiger lama dan Tiger Revo, Tiger Revo umumnya menggunakan noken as dengan durasi yang lebih panjang dibandingkan Tiger lama. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan tenaga mesin, terutama pada putaran mesin tinggi. Durasi yang lebih panjang memungkinkan katup masuk terbuka lebih lama, sehingga lebih banyak campuran udara-bahan bakar yang masuk ke dalam silinder. Selain itu, durasi yang lebih panjang juga memungkinkan katup buang terbuka lebih lama, sehingga gas buang dapat keluar lebih cepat dan lebih banyak.

Namun, durasi yang lebih panjang juga dapat berdampak negatif pada konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Durasi yang lebih panjang berarti katup terbuka lebih lama, sehingga lebih banyak campuran udara-bahan bakar yang masuk ke dalam silinder. Hal ini dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi. Selain itu, durasi yang lebih panjang juga dapat menyebabkan emisi gas buang yang lebih tinggi, karena gas buang tidak dapat keluar dengan sempurna dari silinder.

Lift

Lift noken as merupakan aspek penting lainnya yang membedakan noken as Tiger lama dan Tiger Revo. Lift mengacu pada seberapa tinggi katup terangkat dari tempat duduknya. Lift yang lebih tinggi memungkinkan lebih banyak campuran udara-bahan bakar masuk ke dalam silinder dan lebih banyak gas buang keluar dari silinder.

Dalam perbedaan noken as Tiger lama dan Tiger Revo, Tiger Revo umumnya menggunakan noken as dengan lift yang lebih tinggi dibandingkan Tiger lama. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan tenaga mesin, terutama pada putaran mesin tinggi. Lift yang lebih tinggi memungkinkan katup masuk terangkat lebih tinggi, sehingga lebih banyak campuran udara-bahan bakar yang masuk ke dalam silinder. Selain itu, lift yang lebih tinggi juga memungkinkan katup buang terangkat lebih tinggi, sehingga gas buang dapat keluar lebih cepat dan lebih banyak.

Namun, lift yang lebih tinggi juga dapat berdampak negatif pada konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Lift yang lebih tinggi berarti katup terangkat lebih tinggi, sehingga lebih banyak campuran udara-bahan bakar yang masuk ke dalam silinder. Hal ini dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi. Selain itu, lift yang lebih tinggi juga dapat menyebabkan emisi gas buang yang lebih tinggi, karena gas buang tidak dapat keluar dengan sempurna dari silinder.

Profil

Profil noken as merupakan faktor penting yang berkontribusi pada perbedaan noken as Tiger lama dan Tiger Revo. Profil mengacu pada bentuk permukaan noken as yang bersentuhan dengan rocker arm atau pengikut katup. Profil yang berbeda akan menghasilkan waktu buka dan tutup katup yang berbeda, serta durasi dan lift katup yang berbeda.

Dalam perbedaan noken as Tiger lama dan Tiger Revo, Tiger Revo umumnya menggunakan noken as dengan profil yang lebih agresif dibandingkan Tiger lama. Profil yang lebih agresif berarti permukaan noken as yang bersentuhan dengan rocker arm atau pengikut katup lebih curam. Hal ini menyebabkan katup terbuka lebih cepat dan lebih tinggi, sehingga menghasilkan durasi dan lift katup yang lebih besar.

Profil noken as yang lebih agresif pada Tiger Revo bertujuan untuk meningkatkan tenaga mesin, terutama pada putaran mesin tinggi. Durasi dan lift katup yang lebih besar memungkinkan lebih banyak campuran udara-bahan bakar masuk ke dalam silinder dan lebih banyak gas buang keluar dari silinder. Hal ini menghasilkan pembakaran yang lebih efisien dan tenaga mesin yang lebih besar.

Material

Material noken as merupakan salah satu faktor penting yang berkontribusi pada perbedaan noken as Tiger lama dan Tiger Revo. Material noken as mempengaruhi ketahanan aus, kekuatan, dan bobot noken as. Material yang berbeda akan menghasilkan karakteristik noken as yang berbeda, sehingga mempengaruhi performa mesin.

Dalam perbedaan noken as Tiger lama dan Tiger Revo, Tiger Revo umumnya menggunakan noken as dengan material yang lebih kuat dan tahan aus dibandingkan Tiger lama. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan dan durabilitas noken as, terutama pada putaran mesin tinggi. Material yang lebih kuat dan tahan aus memungkinkan noken as bekerja pada kondisi yang lebih ekstrem tanpa mengalami keausan yang berlebihan.

Selain kekuatan dan ketahanan aus, material noken as juga mempengaruhi bobot noken as. Noken as dengan material yang lebih ringan akan mengurangi beban pada poros engkol dan komponen mesin lainnya. Hal ini dapat meningkatkan responsivitas mesin dan mengurangi getaran.

Bobot

Bobot noken as merupakan salah satu aspek penting dalam perbedaan noken as Tiger lama dan Tiger Revo. Bobot noken as mempengaruhi performa mesin secara keseluruhan, mulai dari responsivitas hingga konsumsi bahan bakar.

  • Berat keseluruhan
    Berat keseluruhan noken as berperan penting dalam mengurangi beban pada poros engkol dan komponen mesin lainnya. Hal ini dapat meningkatkan responsivitas mesin dan mengurangi getaran.
  • Distribusi berat
    Distribusi berat noken as mempengaruhi keseimbangan mesin. Noken as dengan distribusi berat yang tidak merata dapat menyebabkan getaran yang berlebihan dan mengurangi umur komponen mesin.
  • Material
    Material noken as mempengaruhi bobotnya. Material yang lebih ringan, seperti aluminium, dapat mengurangi bobot keseluruhan noken as dan meningkatkan responsivitas mesin.
  • Proses manufaktur
    Proses manufaktur noken as dapat mempengaruhi bobotnya. Proses yang lebih presisi dapat menghasilkan noken as dengan bobot yang lebih ringan dan distribusi berat yang lebih baik.

Secara keseluruhan, bobot noken as merupakan aspek penting yang perlu dipertimbangkan dalam perbedaan noken as Tiger lama dan Tiger Revo. Noken as dengan bobot yang lebih ringan dan distribusi berat yang lebih baik dapat meningkatkan performa mesin secara keseluruhan.

Performa

Performa merupakan salah satu aspek penting yang dipengaruhi oleh perbedaan noken as antara Tiger lama dan Tiger Revo. Noken as yang berbeda dapat menghasilkan performa mesin yang berbeda, baik dari segi tenaga, torsi, maupun respons gas.

  • Tenaga

    Tenaga mesin merupakan ukuran kemampuan mesin untuk melakukan kerja. Noken as dengan durasi dan lift yang lebih besar dapat meningkatkan tenaga mesin, terutama pada putaran mesin tinggi. Tiger Revo umumnya menggunakan noken as dengan durasi dan lift yang lebih besar dibandingkan Tiger lama, sehingga menghasilkan tenaga yang lebih besar.

  • Torsi

    Torsi mesin merupakan ukuran kemampuan mesin untuk menghasilkan gaya putar. Noken as dengan durasi dan lift yang lebih besar dapat meningkatkan torsi mesin pada putaran mesin rendah dan menengah. Namun, pada putaran mesin tinggi, torsi mesin dapat menurun karena katup menutup lebih cepat.

  • Respons Gas

    Respons gas mesin merupakan ukuran seberapa cepat mesin merespons terhadap perubahan posisi gas. Noken as dengan durasi dan lift yang lebih besar dapat meningkatkan respons gas karena katup membuka dan menutup lebih cepat. Hal ini memungkinkan mesin bereaksi lebih cepat terhadap perubahan beban dan meningkatkan akselerasi.

Perbedaan performa antara Tiger lama dan Tiger Revo akibat perbedaan noken as perlu dipertimbangkan dalam memilih motor yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter berkendara. Bagi yang mencari tenaga dan torsi yang lebih besar, Tiger Revo dengan noken as yang lebih agresif bisa menjadi pilihan yang tepat. Sementara bagi yang lebih mengutamakan konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih rendah, Tiger lama dengan noken as yang lebih konservatif bisa menjadi pilihan yang lebih cocok.

Karakter mesin

Perbedaan noken as antara Tiger lama dan Tiger Revo tidak hanya mempengaruhi performa, tetapi juga karakter mesin secara keseluruhan. Karakter mesin mengacu pada perilaku dan sifat mesin dalam berbagai kondisi operasi, seperti putaran mesin, beban, dan suhu.

  • Tenaga dan torsi

    Noken as dengan durasi dan lift yang lebih besar menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar, terutama pada putaran mesin tinggi. Tiger Revo dengan noken as yang lebih agresif cenderung memiliki karakter mesin yang lebih bertenaga dan responsif.

  • Konsumsi bahan bakar

    Noken as dengan durasi dan lift yang lebih besar umumnya menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi. Hal ini karena katup terbuka lebih lama, sehingga lebih banyak campuran udara-bahan bakar yang masuk ke dalam silinder.

  • Emisi gas buang

    Noken as dengan durasi dan lift yang lebih besar dapat menyebabkan emisi gas buang yang lebih tinggi. Hal ini karena katup buang terbuka lebih lama, sehingga gas buang tidak dapat keluar dengan sempurna dari silinder.

  • Getaran dan kebisingan

    Noken as dengan profil yang lebih agresif dapat menyebabkan getaran dan kebisingan yang lebih tinggi. Hal ini karena katup membuka dan menutup lebih cepat, sehingga menimbulkan gaya yang lebih besar pada komponen mesin.

Perbedaan karakter mesin antara Tiger lama dan Tiger Revo akibat perbedaan noken as perlu dipertimbangkan dalam memilih motor yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter berkendara. Bagi yang mencari motor dengan tenaga dan torsi yang lebih besar, Tiger Revo dengan noken as yang lebih agresif bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, bagi yang lebih mengutamakan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah dan emisi gas buang yang lebih rendah, Tiger lama dengan noken as yang lebih konservatif bisa menjadi pilihan yang lebih cocok.

Konsumsi bahan bakar

Perbedaan konsumsi bahan bakar antara Tiger lama dan Tiger Revo merupakan salah satu aspek penting yang dipengaruhi oleh perbedaan noken as. Noken as yang berbeda dapat mempengaruhi waktu buka dan tutup katup, yang berdampak pada jumlah campuran udara-bahan bakar yang masuk ke dalam silinder. Hal ini pada akhirnya mempengaruhi konsumsi bahan bakar secara keseluruhan.

  • Durasi noken as

    Noken as dengan durasi lebih panjang memungkinkan katup masuk terbuka lebih lama, sehingga lebih banyak campuran udara-bahan bakar yang masuk ke dalam silinder. Hal ini dapat meningkatkan tenaga mesin, namun juga dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar.

  • Lift noken as

    Noken as dengan lift lebih tinggi memungkinkan katup masuk terangkat lebih tinggi, sehingga lebih banyak campuran udara-bahan bakar yang masuk ke dalam silinder. Hal ini juga dapat meningkatkan tenaga mesin dan konsumsi bahan bakar.

  • Profil noken as

    Noken as dengan profil lebih agresif membuka dan menutup katup lebih cepat, sehingga mengurangi waktu tumpang tindih antara katup masuk dan katup buang. Hal ini dapat meningkatkan tenaga mesin pada putaran mesin tinggi, namun juga dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar.

  • Material noken as

    Noken as dengan material yang lebih ringan dapat mengurangi beban pada poros engkol, sehingga mengurangi gesekan dan meningkatkan efisiensi mesin. Hal ini dapat berdampak positif pada konsumsi bahan bakar.

Secara keseluruhan, perbedaan konsumsi bahan bakar antara Tiger lama dan Tiger Revo akibat perbedaan noken as perlu dipertimbangkan dalam memilih motor yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter berkendara. Bagi yang mencari motor dengan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah, Tiger lama dengan noken as yang lebih konservatif bisa menjadi pilihan yang lebih cocok. Sementara bagi yang lebih mengutamakan tenaga dan torsi yang lebih besar, Tiger Revo dengan noken as yang lebih agresif bisa menjadi pilihan yang tepat.

Harga

Harga merupakan salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam memilih noken as untuk motor Tiger. Perbedaan harga antara noken as Tiger lama dan Tiger Revo dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Material

    Noken as dengan material yang lebih kuat dan tahan aus, seperti baja paduan atau besi tuang, umumnya lebih mahal dibandingkan noken as dengan material yang lebih murah, seperti besi tempa.

  • Proses produksi

    Noken as yang diproduksi dengan proses yang lebih presisi, seperti CNC machining, umumnya lebih mahal dibandingkan noken as yang diproduksi dengan proses yang lebih sederhana, seperti pengecoran.

  • Merek

    Noken as dari merek ternama atau produsen terkemuka umumnya lebih mahal dibandingkan noken as dari merek yang kurang dikenal atau produsen lokal.

  • Kelangkaan

    Noken as untuk Tiger lama yang sudah tidak diproduksi lagi umumnya lebih mahal dibandingkan noken as untuk Tiger Revo yang masih diproduksi.

Perbedaan harga antara noken as Tiger lama dan Tiger Revo dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor tersebut. Pengguna perlu mempertimbangkan faktor-faktor ini dan menyesuaikannya dengan anggaran dan kebutuhan mereka.

Tanya Jawab Mengenai Perbedaan Noken As Tiger Lama dan Tiger Revo

Tanya jawab berikut ini disusun untuk membantu pembaca memahami lebih dalam mengenai perbedaan noken as antara motor Tiger lama dan Tiger Revo. Tanya jawab ini membahas pertanyaan-pertanyaan umum yang sering diajukan terkait topik tersebut.

Pertanyaan 1: Apa perbedaan utama antara noken as Tiger lama dan Tiger Revo?

Jawaban: Perbedaan utama antara noken as Tiger lama dan Tiger Revo terletak pada durasi, lift, profil, dan materialnya. Noken as Tiger Revo umumnya memiliki durasi dan lift yang lebih besar, profil yang lebih agresif, dan material yang lebih kuat dan tahan aus dibandingkan noken as Tiger lama.

Pertanyaan 6: Bagaimana perbedaan noken as antara Tiger lama dan Tiger Revo mempengaruhi konsumsi bahan bakar?

Jawaban: Noken as Tiger Revo dengan durasi dan lift yang lebih besar dapat meningkatkan tenaga mesin, tetapi juga dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi. Hal ini karena katup masuk terbuka lebih lama, sehingga lebih banyak campuran udara-bahan bakar yang masuk ke dalam silinder.

Demikianlah beberapa tanya jawab yang dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai perbedaan noken as antara motor Tiger lama dan Tiger Revo. Perbedaan-perbedaan tersebut perlu dipertimbangkan dalam memilih noken as yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter berkendara.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas lebih lanjut mengenai dampak perbedaan noken as pada performa dan karakter mesin motor Tiger.

Tips Memilih Noken As Motor Tiger

Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda memilih noken as yang tepat untuk motor Tiger Anda:

Tip 1: Identifikasi kebutuhan dan karakter berkendara Anda
Tentukan apakah Anda mencari peningkatan tenaga, torsi, konsumsi bahan bakar, atau karakter mesin tertentu.

Tip 2: Pertimbangkan kapasitas mesin dan modifikasi lainnya
Sesuaikan pilihan noken as dengan kapasitas mesin motor Anda dan modifikasi lain yang telah dilakukan, seperti sistem pembuangan dan intake.

Tip 3: Pilih durasi dan lift yang sesuai
Durasi dan lift noken as yang lebih besar dapat meningkatkan tenaga, tetapi juga dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang.

Tip 4: Perhatikan profil noken as
Profil noken as yang lebih agresif memberikan respons gas yang lebih baik, tetapi dapat meningkatkan getaran dan kebisingan.

Tip 5: Pilih material noken as yang berkualitas
Material noken as yang lebih kuat dan tahan aus memastikan ketahanan dan durabilitas yang lebih baik.

Tip 6: Pertimbangkan berat noken as
Noken as yang lebih ringan dapat mengurangi beban pada poros engkol dan komponen mesin lainnya.

Tip 7: Perhatikan harga dan ketersediaan
Sesuaikan pilihan noken as dengan anggaran dan ketersediaan di pasaran.

Tip 8: Konsultasikan dengan mekanik ahli
Jika Anda tidak yakin dalam memilih noken as, konsultasikan dengan mekanik ahli untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memilih noken as yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter berkendara Anda, sehingga dapat meningkatkan performa dan karakter mesin motor Tiger Anda secara optimal.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas lebih lanjut mengenai dampak perbedaan noken as pada performa dan karakter mesin motor Tiger.

Kesimpulan

Perbedaan noken as antara motor Tiger lama dan Tiger Revo memiliki pengaruh yang signifikan terhadap performa dan karakter mesin. Noken as dengan durasi dan lift yang lebih besar pada Tiger Revo menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar, tetapi dapat juga meningkatkan konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Sebaliknya, noken as pada Tiger lama dengan durasi dan lift yang lebih kecil memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah dan emisi gas buang yang lebih rendah, tetapi dengan tenaga dan torsi yang lebih kecil.

Dalam memilih noken as yang tepat, pengendara perlu mempertimbangkan kebutuhan dan karakter berkendara mereka, serta kapasitas mesin dan modifikasi yang telah dilakukan pada motor. Pemilihan noken as yang tepat dapat mengoptimalkan performa dan karakter mesin Tiger sesuai dengan keinginan pengendara.



Leave a Comment